Isolasi senyawa antibakteri dari batang sembung rambat (Mikania cordata (Burm.fil.))

  • Santi Perawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Lia Anggresani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Ulfa Deni Swinche Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Barmi Hartesi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

Abstract

Latar Belakang : Tumbuhan sembung rambat merupakan gulma yang memiliki potensi antibakteri yang sangat besar. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan isolat metabolit sekunder dari batang sembung rambat yang mempunyai aktivitas antibakteri.


Metode : Isolasi senyawa antibakteri dari batang sembung rambat dilakukan dengan metode separation guided by activity. Dimulai dengan pengumpulan sampel, sortasi, ekstraksi, fraksinasi, isolasi,, uji aktivitas antibakteri, karakterisasi senyawa antibakteri dengan spektro UV-Vis dan FTIR. Ekstraksi dilakukan dengan menggunakan etanol 70%.


Hasil : Penapisan fitokimia ekstrak etanol batang sembung rambat mengandung metabolit sekundr alkaloid, flavonoid, polifenol, saponin, steroid, tannin dan kuinon. Uji aktivitas antibakteri terhadap ekstrak, fraksi etil asetat (Mc-II), subfraksi (Mc-II-A) dan isolat (Mc-II-A3) menunjukkan efektivitas terbesar terhadap bakteri S.aureus dan E.coli. pemisahan senyawa menggunakan metode ekstrak cair-cair (ECC), kromatografi cair vakum (KCV), kromatografi lapis tipis preparatif. Pemurnian isolat dilakukan dengan KLT dua arah


Kesimpulan : Identifikasi isolat aktif antibakteri (Mc-II-A3) dilakukan dengan menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan FTIR. Spektrum UV menunjukkan panjang gelombang 222 nm dan analisis FTIR menunjukkan adanya C=C aromatis dan C=O. Sehingga dapat disimpulkan bahwa isolat aktif antibakteri dari batang sembung rambat diduga senyawa mikanolide.


 


Kata kunci: Antibakteri, Isolasi, Mikania cordata (Burm.fil.), Sembung rambat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-29
How to Cite
PERAWATI, Santi et al. Isolasi senyawa antibakteri dari batang sembung rambat (Mikania cordata (Burm.fil.)). Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 78-86, june 2020. ISSN 2548-6462. Available at: <http://stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/388>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v9i1.388.