Potensi Pseudomonas fluorescens dalam menghasilkan asam salisilat dengan menggunakan limbah udang sebagai substrat

  • Ririn Puspadewi Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi
  • Putranti Adirestuti Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi
  • Mira Andam Dewi Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi
  • Aditya Ayuning Tyas Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi

Abstract

Latar Belakang: Pemanfaatan limbah udang saat ini kurang mendapatkan perhatian dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan manfaat kandungan dalam limbah udang. Limbah udang mengandung protein sebagai sumber nitrogen dan mineral sehingga dapat dimanfaatkan sebagai substrat untuk pertumbuhan mikroba Pseudomonas fluorescens dalam mensintesis asam salisilat. Tujuan penelitian adalah memanfaatkan limbah udang sebagai substrat untuk pertumbuhan Pseudomonas florescens dalam menghasilkan asam salisilat.


Metode: Ferrmentasi dilakukan pada suhu 30℃, pH 7 dengan pengocokan terus-menerus pada 150 rpm. Substrat dibuat dalam dua formula yaitu formula 1 (limbah udang), formula 2 (limbah udang dan 0,02% MgSO4). Asam salisilat sebagai produk fermentasi dianalisis secara kimia kualitatif dan uji aktivitas anti mikroba terhadap Staphylococcus aureus dan Propionibacterium acnes.


Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kimia kualitatif dengan uji esterifikasi terdapat bau ester khas seperti minyak gandapura, uji dengan FeCl3 menunjukkan warna ungu, sedangkan uji dengan HCl menunjukkan hasil negatif. Uji aktivitas antimikroba terhadap Staphylococcus aureus menghasilkan zona bening  sebesar 18,65 mm dan terhadap Propionibacterium acnes sebesar 19,65 mm dari formula 1 setelah fermentasi 28 jam.


Kesimpulan: Limbah udang dapat digunakan untuk susbtrat Pemanfaatan limbah udang saat ini kurang mendapatkan perhatian dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan manfaat kandungan dalam limbah udang. pada pertumbuhan Pseudomonas flourescens dalam menghasilkan asam sitrat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-29
How to Cite
PUSPADEWI, Ririn et al. Potensi Pseudomonas fluorescens dalam menghasilkan asam salisilat dengan menggunakan limbah udang sebagai substrat. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 92-97, june 2020. ISSN 2548-6462. Available at: <http://stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/359>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v9i1.359.