Intervensi masalah nutrisi pada masa kehamilan : studi literatur

Studi Literatur

  • Yosiriyani Suntari Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Ermiati Ermiati Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Hasniatisari Harun Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran

Abstract

Latar belakang: Asupan gizi yang tidak adekuat pada masa kehamilan akan mempengaruhi tumbuh kembang dan dapat menyebabkan stunting pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui intervensi yang dapat diberikan untuk mencegah kurang gizi pada ibu hamil sehingga dapat mencegah stunting pada anak yang dilahirkan.


Metode: Metode yang digunakan scoping review dengan menelaah beberapa literatur yang terkait dengan intervensi gizi ibu hamil untuk mencegah ibu hamil kurang gizi sebagai salah satu faktor resiko stunting. Database yang digunakan untuk pencarian literatur adalah Google Scholar, Pubmed, EBSCOhost dan Proquest. Kata kunci yang digunakan yaitu intervensi, gizi, ibu hamil dan stunting. Jumlah literatur yang digunakan 18 artikel penelitian yang relevan yang dinilai dengan critical appraisal cheklis dari JBI.


Hasil: Artikel tersebut terdiri dari 4 jenis intervensi yaitu pemberian makanan tambahan (PMT), suplemen zat gizi, konseling atau edukasi gizi dan kombinasi. Keempat intervensi berpengaruh terhadap ibu hamil dan anak yang dilahirkan.


Kesimpulan: Intervensi ini dapat diaplikasikan pada ibu hamil untuk menurunkan resiko stunting pada anak yang dilahirkan dan diharapkan dapat dilakukan penelitian lebih lanjut terkait intervensi-intervensi tersebut agar angka kejadian stunting di Indonesia dapat menurun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-29
How to Cite
SUNTARI, Yosiriyani; ERMIATI, Ermiati; HARUN, Hasniatisari. Intervensi masalah nutrisi pada masa kehamilan : studi literatur. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 22-36, june 2020. ISSN 2548-6462. Available at: <http://stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/254>. Date accessed: 06 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v9i1.254.