Pemanfaatan kitosan dari cangkang kerang bulu (Anadara antiquata) sebagai pengawet ikan pari (Dasyatis sp.) dan udang vaname (Litopenaeus vannamei)

  • Ariyanti Ariyanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Eni Masruriati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Tsani Imadahidayah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Eka Nur Sulistianingsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal

Abstract

Latar Belakang : Penggunaan senyawa anti mikroba yang tepat dapat memperpanjang umur simpan suatu produk serta menjamin keamanan produk. Untuk itu dibutuhkan bahan sebagai anti mikroba yang alami supaya tidak membahayakan bagi kesehatan. Penggunaan kitosan untuk menghambat aktivitas mikroba pada udang vaname (Litopenaeus vannamei) akan diuji efektivitasnya.


 Metode : Pada penelitian ini kitosan yang digunakan sebagai anti mikroba diekstraksi dari cangkang kerang bulu (Anadara antiquata). Kitosan yang diperoleh kemudian digunakan sebagai anti mikroba ikan pari (Dasyatis sp.) dan udang vaname (Litopenaeus vannamei). Kitosan dilarutkan dalam asam asetat dengan variasi konsentrasi kitosan 1%; 1,5%, 2% dan 2,5%. Lama waktu penyimpanan udang: 0 jam, 5 jam, 10 jam, 15 jam dan 20 jam.


Hasil : Kitosan dari cangkang kerang bulu dapat digunakan sebagai pengawet alami ikan pari dan udang vaname. Konsentrasi optimal kitosan yang digunakan sebagai pengawet ikan pari adalah 2% dapat memperpanjang umur simpan ikan selama 15 jam. Sedangkan konsentrasi optimal kitosan yang digunakan sebagai pengawet udang vaname adalah 1,5% dapat memperpanjang umur simpan ikan selama 15 jam.


 


Kesimpulan : Konsentrasi kitosan cangkang kerang bulu yang paling optimal sebagai pengawet alami ikan pari adalah 2% dapat memperpanjang umur simpan ikan pari selama 15 jam.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-29
How to Cite
ARIYANTI, Ariyanti et al. Pemanfaatan kitosan dari cangkang kerang bulu (Anadara antiquata) sebagai pengawet ikan pari (Dasyatis sp.) dan udang vaname (Litopenaeus vannamei). Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 12-21, june 2020. ISSN 2548-6462. Available at: <http://stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/241>. Date accessed: 11 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v9i1.241.