Uji kelembapan krim kolagen cangkang kerang darah (Anadara granosa) dan kerang hijau (Mytilus viridis) pada kulit tikus putih (Rattus novergicus) jantan

  • Ariyanti Ariyanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal
  • Eni Masruriati Program Studi Sarjana Farmasi STIKES Kendal, Indonesia
  • Sulistyani Mardaning Tyas Program Studi Sarjana Farmasi STIKES Kendal, Indonesia
  • Khilya Aulia Nur Khasanah Program Studi Sarjana Farmasi STIKES Kendal, Indonesia

Abstract

Latar Belakang : Pemanfaatan hasil laut di Kendal sudah maksimal, tetapi pemanfaatan limbah belum maksimal untuk kebutuhan penghasilan sehari-hari. Masyarakat pesisir hanya mengkonsumsi daging kerangnya dan tidak memanfaatkan limbah dari cangkang kerang.  Kandungan didalam cangkang kerang berupa Ca + C 98,7%, Mg 0,0476%, Na 0,9192%, P 0,0183%, K 0,0398% dan lebih dari 71% protein kulit adalah kolagen. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan cangkang kerang darah dan cangkang kerang hijau  uji fisik krim kolagen cangkang kerang darah (Anadara granosa) dengan cangkang kerang hijau (Mytilus viridis) terhadap kulit tikus putih (Ratus novergicus) jantan.


Metode : Penelitian eksperimental laboratorik dengan menggunakan rancangan penelitian post  test control design berupa post only design yang terbagi menjadi 5 kelompok perlakuan dengan masing-masing kelompok terdiri dari 5 ekor tikus putih (Rattus novergicus) jantan. Kelompok kontrol negatif dengan pemberian basis krim dan kelompok uji dengan pemberian krim kolagen cangkang kerang darah (Anadara granosa) dengan cangkang kerang hijau (Mytilus viridis)  konsentrasi 1%, 5%, 10% dan 15%. Parameter yang diamati adalah tingkat kelembaban kulit. Hasil analisa statistik menggunakan uji ANOVA didapatkan hasil tidak ada perbedaan yang signifikan (p>0,05) untuk kelompok uji konsentrasi 10% dan 15%.


 


Hasil : Krim kolagen cangkang kerang darah (Anadara granosa) dan cangkang kerang hijau (Mytilus viridis) dapat memberikan efek sebagai pelembab pada kulit tikus.


 


Kesimpulan : Konsentrasi yang paling optimal sebagai efek pelembab pada kulit tikus yaitu konsentrasi 15%


 


 


 


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-18
How to Cite
ARIYANTI, Ariyanti et al. Uji kelembapan krim kolagen cangkang kerang darah (Anadara granosa) dan kerang hijau (Mytilus viridis) pada kulit tikus putih (Rattus novergicus) jantan. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 99-108, nov. 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/240>. Date accessed: 26 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v8i2.240.