Perilaku pencarian dan pengobatan pasien tuberculosis di Kota Bengkulu

  • Susilo Wulan STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu

Abstract

Latar Belakang: Penemuan kasus yang tidak efisien menjadikan batu sandungan dalam keberhasilan penemuan kasus TB khususnya dalam hal pola pencarian pengobatan dimana beberapa terjadi keterlambatan dalam pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian pengobatan selama masa pre treatment, treatment, dan strategy coping yang dilakukan oleh pasien TB di kota Bengkulu.


Metode: Menggunakan studi dengan pendekatan cross sectional pada pasien TB Paru  yang berobat di Puskesmas se-Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sample menenggunakan metode Probability Proprotional to Size dan diperoleh  sample sebanyak 71 orang.


Hasil: Karakteristik responden 53.5% berusia di atas 43 tahun, 53.5% berjenis kelamin laki-laki, 46.5% tingkat pendidikan SLTA dan lainnya, 87.3% bekerja pada sektor informal, 50.7% memiliki jaminan kesehatan, 59.1% memilki penghasian rendah. Perilaku pengobatan selama masa pre treatment 53.5% mengunjungi fasilitas kesehatan swasta,. Faktor jarak dan waktu tunggu yang lama menjadi alasan pasien tidak mengunjungi puskesmas/RS umum. Selama masa treatment pada fase intensif dan lanjutan frekuensi waktu kunjungan 53.5% setiap 2 minggu sekali, dengan total waktu kunjungan kurang dari 60 menit, menggunakan kendaraan pribadi, 50.8% izin /libur bekerja saat mengambil obat dengan ditemani anggota rumah tangga sebagai bentuk dukungan keluarga terhadap pasien. Pengeluaran kesehatan yang timbul akibat TB 60.6% bersumber dari pasien sendiri. 33.3% melakukan usaha coping dengan meminjam 30.4% dan menjual asset (13%). 47.6% pinjaman berasal dari keluarga dekat dengan nilai rata-rata pinjaman kurang dari satu juta rupiah.


Kesimpulan: Perilaku pencarian dan pengobatan pasien TB di Kota Bengkulu menunjukkan pasien  tidak langusng mendatangi fasilitas kesehatan umum saat gejala TB dirasakan, sehingga terjadi keterlambatan dalam pencarian pengobatan selain itu keterbatasan sumber daya mengakibatkan rumah tangga melakukan coping strategy untuk membiayai TB melalui penjualan aset dan pinjaman.


 Kata Kunci: Coping Strategy, Perilaku Pencarian Pengobatan, Pre Treatment, Treatment

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-30
How to Cite
WULAN, Susilo. Perilaku pencarian dan pengobatan pasien tuberculosis di Kota Bengkulu. Riset Informasi Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 46-56, june 2019. ISSN 2548-6462. Available at: <http://stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/rik/article/view/171>. Date accessed: 12 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.30644/rik.v8i1.171.