Peningkatan Pengetahuan Siswa tentang Cuci Tangan yang Baik dan Benar di SDN 37/I Kecamatan Bajubang

  • Sugiarto Sugiarto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Novi Berliana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Melda Yenni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi
  • Cici Wuni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi

Abstract

Cuci tangan merupakan proses membuang kotoran dan debu secara mekanis dari kulit kedua belah tangan dengan memakai sabun dan air. Akibat kurangnya kebiasaan cuci tagan, anak-anak menjadi penderita tertinggi dari penyakit diare dan pernafasan, hingga tidak jarang berujung dengan kematian. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah siswa/i mengetahui tujuh langkah mencuci tangan yang baik dan benar sehingga dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Metode yang digunakan dengan memberikan edukasi kepada siswa tentang tujuh langkah mencuci tangan dengan baik dan benar. Edukasi yang dilakukan adalah pemberian informasi dengan penyuluhan mengenai pengertian cuci tangan, tujuan mencuci tangan, waktu mencuci tangan, alat-alat yang digunakan. Selain pemberian penyuluhan juga dilaksanakan demonstrasi cara mencuci tangan yang baik dan benar.


Hasil yang diperoleh dalam pengabdian ini adalah siswa/i lebih mengetahui teknik mencuci tangan yang baik dan benar. Setelah pemberian domonstrasi siswa/i mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar.


Pengabdian masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa setelah siswa/i mengetahui dan dapat menerapkan tujuh langkan cuci tangan yang baik dan benar maka dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah menerapkan cuci tangan yang baik dan benar maka dapat memutuskan rantai penularan diare.


 


 


 

Published
2019-10-31
How to Cite
SUGIARTO, Sugiarto et al. Peningkatan Pengetahuan Siswa tentang Cuci Tangan yang Baik dan Benar di SDN 37/I Kecamatan Bajubang. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 59-64, oct. 2019. ISSN 2686-1003. Available at: <http://stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/jphi/article/view/266>. Date accessed: 26 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.30644/jphi.v1i2.266.