Penyuluhan Posisi Kerja Duduk Dalam Mengurangi Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pengrajin Batik Tulis

  • Heni Fariatul Aeni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon
  • Reza Faudiah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon

Abstract

PENYULUHAN SIKAP KERJA DUDUK DAN KELUHAN NYERI PUNGGUNG BAWAH (LOW BACK PAIN) PADA PENGRAJIN BATIK TULIS DI DESA TRUSMI KULON KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON


 


Heni Fa’riatul Aeni1


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon


e-mail : fachria_aeni@yahoo.com


 


 


Abstrak


Posisi duduk yang baik sangat menentukan kesehatan punggung manusia. Nyeri yang timbul biasanya disebabkan karena posisi duduk yang salah. Keterbatasan pengetahuan tentang sikap kerja duduk yang benar membuat pengrajin batik sering mengalami keluhan nyeri punggung bawah. Nyeri punggung bawah dapat diatasi dengan terapi non obat misalnya dengan melakukan relaksasi/peregangan jika sudah mulai kelelahan kerja. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengetahuan tentang sikap kerja duduk dan cara mengatasi keluhan nyeri punggung bawah pada pengrajin batik tulis di desa Trusmi Kulon Kecamatan Plered kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan pada kegiatan ini dengan cara ceramah/penyuluhan dan tanya jawab dilanjutkan dengan praktik peregangan/relaksasi untuk mengatasi keluhan nyeri punggung bawah. Dari kegiatan yang dilakukan ternyata pengrajin batik tulis memiliki pengetahuan yang rendah tentang sikap kerja duduk yang benar serta tidak mengetahui cara mengatasi keluhan nyeri punggung bawah tanpa menggunakan obat. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pengrajin batik tulis mengetahui sikap kerja duduk yang benar serta mampu mengurangi keluhan nyeri punggung bawah dengan cara melakukan relaksasi/peregangan otot jika merasa kelelahan.


Kata kunci : Sikap kerja duduk, nyeri punggung bawah

Published
2019-10-31
How to Cite
AENI, Heni Fariatul; FAUDIAH, Reza. Penyuluhan Posisi Kerja Duduk Dalam Mengurangi Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Pengrajin Batik Tulis. Jurnal Pengabdian Harapan Ibu (JPHI), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 46-52, oct. 2019. ISSN 2686-1003. Available at: <http://stikes-hi.ac.id/jurnal/index.php/jphi/article/view/191>. Date accessed: 04 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.30644/jphi.v1i2.191.