Polling Bulan Ini

Apakah tampilan website ini menarik?

Ya
Cukup
Kurang
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
Download Terbaru
Statistik Pengunjung
  • Dikunjungi oleh : 266382 user
  • IP address : 54.234.13.175
  • Memuji Keindahan Pahatan Alam Karya Sang Pencipta
    Artikel berita - Kategori Umum | Diposting pada : 2018-10-27 -|- 07:52:am
    Share this article on

     


     


     


     


     


     


    Memuji Keindahan Pahatan Alam Karya Sang Pencipta


    (University Global Recognition Visit Ciletuh-Palabuhanratu)


    Program Magang Dosen Kemenristekdikti Unpad Tahun 2018


     


    Oleh:


    Entianopa, SKM.,M.Kes


    Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat


    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Jambi


     


    Taman Bumi Nasional Ciletuh-Palabuhanratu adalah sebuah konsep manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati, dan budaya, melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan di 8 kecamatan di kawasan wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Taman Bumi Nasional Palabuhanratu atau Palabuhanratu National Geopark adalah satu-satunya geopark atau taman bumi di Jawa Barat, Indonesia. Taman Nasional Ciletuh-Palabuhanratu juga merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat sekaligus merupakan Geopark Nasional Indonesia yang telah diakui UNESCO pada tahun 2015 silam dan saat ini Geopark Nasional Palabuhanratu  menjadi Geopark Internasional atau Global Geopark Network (GGN).


    Salah satu agenda kunjungan lapangan program  magang dosen kemenristekdikti UNPAD tahun 2018,  kujungan ke Geopark Ciletuh. Yang sebelumnya saya pribadi belum mengetahui dan bahkan baru mendengar tentang geopark ciletuh ini pada saat saya mengikuti program magang dosen. Kemudian agar rasa penasaran saya tidak terlalu berlarut, saya mencari informasi dari hasil  googling sana-sini, saya pikir obyek wisata di Geopark Ciletuh itu hanya berupa air terjun alias curug dan juga view point di atas bukit, tapi ternyata obyek wisata di Ciletuh ini sangat komplit. Mulai dari pantai, beberapa air terjun (curug), pemandangan bukit – tebing – sawah yang indah. Semua obyek tersebut bisa ditemui di Geopark Ciletuh ini. Sebuah lokasi yang bisa dijadikan pilihan weekend getaways, komplit. Yang paling membuat saya takjub adalah Tebing Panenjoan di Geopark Ciletuh Sukabumi. Tebing ini menyuguhkan bentang alam sebagian besar kawasan Ciletuh yang sangat spektakuler. Dan disini juga saya bisa belajar betapa indah nya lukisan alam ciptaan Allah SWT. Setelah perjalan  menempuh jarak yang sangat panjang dari Jatinangor lebih kurang 10 jam perjalanan menggunakan Bus UNPAD, terbayar sudah rasa lelah, setelah melihat pemandangan yang ada di Geopark Ciletuh ini. Geopark, alias Taman Bumi, adalah sebuah konsep yang dinisiasikan oleh UNESCO. Konsep ini meliputi wilayah terpadu yang mengedapankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi secara berkelanjutan. Dalam konsep ini juga dipromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan. Selain itu, dalam area geologis ini harus terpenuhi tiga kategori, yaitu adanya keragaman geologi, hayati, dan kebudayaan. Sesuai kualitasnya, terdapat geopark berskala global dan skala nasional. Sebuah geopark ditetapkan berskala global jika lulus dari validasi UNESCO.


    Sebuah objek wisata Panorama Alam dengan ketinggian 342 m dpl. Panenjoan memanjakan mata kita dengan melihat keindahan panorama alam yang eksotis, kita bisa melihat hamparan


    a 1


    sawah yang luas, rumah-rumah penduduk, gunung-gunung kecil, laut ciletuh, dan tebing yang mengelilingi Teluk Ciletuh.


    a 2


    Pantai Palangpang ini merupakan salah satu obyek wisata Sukabumi yang berada di dalam area Geopark Ciletuh. Pantai ini juga merupakan pintu masuk ke dalam Geopark Ciletuh.  


    a 3


    Ada yang menarik dari arah pantai ini. Di kejauhan terlihat sebuah air terjun dengan aliran airnya yang cukup deras. Iya, itu adalah air terjun Curug Cimarinjung yang menawan. Air terjun ini adalah salah satu pesona dari salah satu geopark di Indonesia ini. Faktanya, pemandangan air terjun dari bibir pantai adalah yang membuat pantai ini menjadi unik. Dari pantai menuju curug memang tidak terlalu jauh. Hanya dengan menempuh perjalanan selama beberapa menit kalian bisa sampai ke air terjun itu.


    a 4


    Highlight dari kawasan ini selain Bukit Panenjoan adalah banyaknya curug-curug indah yang ada di sekitar kawasan. Salah satunya ada Curug Cimarinjung, hamparan tebing batu ditambah aliran air yang besar dari curug membuatmu ingin berlama-lama menikmati keindahannya.


    a 5


    Perjalanan berlanjut ke Penangkara penyu di panta Pangumbahan ini juga menjadi salah satu pilihan destinasi wisata edukasi yang berada di Kawasan Geopark Ciletuh.


    a 6


    Melihat dari dekat pe­lepasan tukik atau bayi penyu memang memiliki keasyikan tersendiri. Ratusan tukik itu berjalan perla­han-lahan di atas pasir menuju lautan bebas. Tak ada rasa takut, tukik itu terus berjalan ke arah hempasan gelombang untuk mengembara ke lautan lepas. Lautan lepas yang akan membesarkan mereka dan ketika dewasa akan menda­rat kembali untuk


    a 9


    bertelur di tempat yang sama.  Sekitar pukul 17.30 WIB, atraksi yang dinanti-nantikan pun tiba tatkala  pegawai kawasan konservasi yang dikelola oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar, menda­tangi tepian pantai yang sudah dipasang tali batas pengunjung, dengan membawa enam ember besar berisikan tukik. Saat enam ember itu ditumpahkan, pengunjung pun berebutan un­tuk melihat dari dekat lenggak-lenggok tukik itu ke laut. Bukan hanya nilai historis yang membuatnya patut dikunjungi, namun kekayaan alam di dalam  Geopark Ciletuh memang Enggak terbantahkan.

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Harapan Ibu Jambi
    Jl. Tarmizi Kadir No. 71 Pakuan Baru Jambi
    Telp. (0741)-7552270, Fax. (0741)-7552710 Email : stikesharapanibu@gmail.com